Rabu, 28 Februari 2018

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jadwal Shalat

Jadwal sholat dapat dilihat dengan mengklik tulisan jadwal shalat atau gambar di atas..
Semoga bermanfaat.

👉Mengapa penting untuk mengetahui jadwal sholat?

Bagi kaum muslim seluruhnya sepakat bahwa sholat lima waktu harus dikerjakan pada waktunya, dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]

Oleh karenanya dengan mengetahui jadwal sholat, maka seorang muslim dapat mempersiapkan diri untuk segera menunaikannya pada waktunya


👉Sholat adalah sarana meminta pertolongan kepada Allah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 45:
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلا عَلَى الْخَاشِعِينَ
"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"


Betapa kita sangatlah membutuhkan pertolongan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, sedangkan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menolong kita setiap hari dan setiap saat, baik kita sadari maupun tidak kita sadari. 
Sehatnya kita adalah karena pertolongan Allah. Kita dapat bernafas, bergerak dan berfikir karena mendapat pertolongan dari Allah.
Bagaimanakah jika Allah tidak menolong kita untuk dapat bernafas? Berapa lama kita dapat bertahan hidup tanpa bernafas?
Belumlah lagi kita hitung pertolongan Allah yang lainnya dalam kehidupan kita. 
Dan pertolongan Allah yang sangat besar kepada kita sebagai kaum muslimin dan muslimat adalah diberinya kita keimanan yang benar, yang dapat menolong kita untuk selamat dalam kehidupan dunia dan akhirat.


👉Sholat sebagai salah satu sarana syukur kita kepada Allah

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS. Ar Rahman; 13)

وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ‏
"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim Ayat 7)

Diharapkan setiap diri kita sebagai hamba yang beriman kepada-NYA memperhatikan apa yang menjadi amalan utama kita dalam hubungan kita kepada Sang Maha Pencipta.
Mengapakah sholat merupakan amalan utama kaum muslimin/muslimat? Karena alasan pertamanya adalah diciptakannya jin dan manusia, untuk beribadah kepada Allah.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)






👉Saling menasihati supaya mentaati kebenaran Dan tetaplah saling memberi peringatan

Untuk direnungkan dalam surat Al Ashr di atas, bahwa Allah عَزَّ وَجَلَّ bersumpah dengan masa/waktu yang juga sebagai penekanan agar manusia ingat karena sebagian besar manusia lalai terhadap waktu atau usia yang dimilikinya hingga datang masa tua atau masa-masa sulit yang pada saat itu penyesalan bisa menjadi terlambat.


"Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan."(QS. Adz Dzariyaat: 55-57)


👉Amal ibadah yang pertama kali dihisab adalah sholat

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” 
(HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

👉Siapa manusia yang paling cerdas?

Seorang sahabat Rasulullah  pun pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, siapa manusia yang paling cerdas?"

Rasulullah ﷺ menjawab, "Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian, itulah orang yang paling cerdas." (HR Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsami)


Marilah kita renungkan!
 


💗Bacalah Al Qur'an
Gambar terkait
Hadits diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang-orang yang enggan untuk memasukinya. Ada seseorang yang bertanya, siapakah orang yang enggan tersebut wahai Rasulullah ? Beliau bersabda, “Barangsiapa mentaatiku akan masuk surga, barangsiapa tidak taat kepadaku sungguh dia orang yang enggan masuk surga“
Link terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar